Selasa, 26 Juli 2016

Makalah tentang aplikasi ANTIVIRUS SMADAV

Makalah tentang aplikasi ANTIVIRUS SMADAV

 KATA PENGANTAR


Puji syukur Alhamdulillah, penulis panjatkan kehadirat Allah SWT. yang telah melimpahkan segala rahmat, taufik dan hidayah-Nya sehingga makalah yang kami yang berjudul “APLIKASI ANTIVIRUS SMADAV” ini dapat terselesaikan.

Shalawat serta salam semoga tercurah limpahkan pada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. yang telah membawa kita dari zaman yang penuh kegelapan menuju zaman yang terang – menderang.

Melalui makalah ini penulis harapkan pembaca dapat memahami dan mengetahui lebih banyak tentang hukum dan pelaksanaan hukum di Indonesia. Kami sebagai penulis menyadari bahwa masih banyak terdapat kesalahan dan kekurangan di dalam penulisan makalah ini. Oleh karena itu, kami berharap dan menerima segala bentuk saran dan kritik dari pembaca yang dapat bermanfaat bagi perbaikan dan perkembangan makalah selanjutnya.

  
                                                                      Selatpanjang, 22 Juli 2016


                                                                                                               Penulis





DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ....................................................................................... i
DAFTAR ISI....................................................................................................... ii
BAB I  PENDAHULUAN................................................................................. 1   
      1.1  Latar belakang ............................................................................................. 1
      1.2  Rumusan Masalah......................................................................................... 1
      1.3  Tujuan Penulisan........................................................................................... 1

BAB II PEMBAHASAN................................................................................... 2
      2.1  Sejarah antivirus SMADAV ........................................................................ 2
      2.2  Pengertian antivirus SMADAV ................................................................... 4
      2.3  Kelebihan dan kekurangan antivirus SMADAV ......................................... 5
      2.4  Langkah-langkah penginstallan antivirus SMADAV .................................. 6
     
BAB III  PENUTUP
3.1 Kesimpulan ................................................................................................... 10
3.2 Saran.............................................................................................................. 10

DAFTAR  PUSTAKA           11



BAB I

PENDAHULUAN



1.1    Latar Belakang

           Smadav adalah perangkat lunak antivirus yang ditujukan untuk mengatasi varian virus komputer lokal maupun internasional yang menyebar di Indonesia. Antivirus ini memiliki versi gratis dan berbayar setelah sebelumnya sempat berupa perangkat lunak derma.
Nama Smada diambil dari singkatan nama sekolah
pembuatnya, yaitu SMA Negeri 2 Palangka Raya, Kalimantan Tengah, sedangkan AV merupakan singkatan dari antivirus.

1.2. Rumusan Masalah
        Rumusan Masalah dalam penyusunan makalah ini adalah sebagai berikut :
1. Apa sejarah antivirus semadav ?
2. Apa pengertian  ?
3. Apa kelebihan dan kekurangan antivirus semadav ?
4. langkah penginstallan antivirus semadav ?

1.3. Tujuan Penulisan

        Tujuan Penulisan dalam penyusunan makalah ini adalah sebagai berikut :
1. Untuk mengetahui sejarah antivirus semadav.
2. Untuk mengetahui pengertian antivirus smadav.
3. Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan antivirus smadav.
4. Untuk mengetahui langkah penginstalan antivirus smadav.
       


BAB II

PEMBAHASAN



2.1. SEJARAH ANTIVIRUS SMADAV


           Zainuddin Nafarin – Pemuda Indonesia Penemu Antivirus Smadav Bagi para pengguna perangkat komputer tentunya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi anti-virus Smadav  Meski pun bukan menjadi pilihan utama, anti-virus dengan lambang berwarna hijau tersebut hampir selalu ada di setiap perangkat komputer atau pun laptop saat ini. Selain kegunaan nya yang cukup mumpuni untuk membasmi virus lokal yang menyerang perangkat komputer, salah satu alasan lain adalah karena AV yang satu ini merupakan aplikasi yang dibuat dan dikembangkan oleh anak bangsa. Pemuda tersebut adalah Zainuddin Nafarin Bagi anda yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai sosok pemuda yang telah mengembangkan aplikasi Smadav saat masih berseragam putih abu-abu ini, berikut biografi singkat tentang Zainuddin Nafarin penemu dan pengembang aplikasi smadav.

Kehidupan Pribadi Zainuddin Nafarin Penemu Smadav, Zainuddin Nafarin lahir di kota Amuntai Kalimantan Selatan pada September 1990. Ia adalah seorang pemuda biasa dengan ketertarikan di bidang teknologi yang sangat tinggi. Yang menarik adalah ia mengembangkan Smadav pada usia yang bisa dibilang masih belia. Saat mulai mengembangkan anti virus Smadav, ia masih berstatus sebagai salah satu murid di SMAN 2 Pahandut Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Dalam pergaulannya sehari-hari di lingkungan sekolah dan dunia maya, Zainuddin Nafarin memiliki beberapa panggilan akrab selain Nafarin, nama panggilan tersebut diantaranya STC dan Zai. Dan nama tersebutlah yang ikut juga mengiringi masa-masa saat dirinya mengembangkan anti virus buatannya Smadav.

Ia adalah sosok yang tergolong cukup sederhana namun dikenal baik dalam pergaulan. Salah satu hal yang terlihat menonjol dari dirinya adalah kemampuan nya yang menonjol dalam bidang akademik khususnya mata pelajaran matematika. Dengan kelebihannya tersebut tak jarang dirinya dijadikan tempat bertanya dan “guru dadakan” oleh teman-teman di sekolahnya. Salah satu prestasi yang pernah diraih alumnus Universitas Gajah Mada Yogyakarta ini adalah dirinya pernah mengikuti olimpiade matematika. Tidak tanggung-tanggung, Nafarin sempat lolos hingga ke tingkat nasional Olimpiade Matematika.
Namun perkenalannya dengan dunia komputer di masa SMA ternyata membawa manfaat yang sangat besar bahkan hingga dirinya mampu membuat anti virus yang kini populer yaitu Smadav.

Zainuddin Nafarin dan Smadav
Awal mula kisah Nafarin dalam mengembangkan AV Smadav dimulai pada saat dirinya mengetahui tentang sebuah program yang ada di laboratorium komputer di sekolahnya SMA 2 Pahandut Palangka Raya. Program tersebut adalah program Visual Basic. Program yang digunakan untuk tujuan pengembangan aplikasi tersebut ada di salah satu komputer laboratorium dan secara tidak sengaja menarik perhatin perhatiannya.

Setelah bertanya pada guru dan rekan yang lebih tahu mengenai program tersebut, nyatanya Nafarin semakin tertarik untuk mendalami program tersebut. Dan ketertarikannya berbarengan dengan kebiasaan ia yang sering dimintai tolong oleh teman temannya membersihkan virus yang ada di computer.
Pada waktu itu ia memang dikenal sebagai salah satu siswa yang sangat mengerti tentang dunia komputer, namun ia merasa kesulitan saat ia diminta teman-teman nya untuk datang ke rumah dan membersihkan virus yang ada di komputer teman-temannya tersebut. Sehingga sebuah ide untuk mengembangkan aplikasi antivirus tertangkap di benaknya. Ia berharap aplikasi tersebut bisa mempermudah teman-temannya membersihkan virus secara mandiri.

Jadilah ia mulai mempelajari tentang pembuatan aplikasi antivirus serta virus-virus lokal yang sering menyerang komputer. Hasilnya pada tahun 2006 ia berhasil membuat versi awal dari aplikasi Smadav. Dan setelah dicoba, aplikasi buatannya tersebut mampu bekerja dengan cukup baik. Sejak itu ia terus mengembangkan Smadav hingga saat dirinya menjadi mahasiswa di UGM.

Saat ini Smadav yang telah memasuki versi Ref 9.5 dikembangkan dan berpusat di Yogyakarta. Meskipun masih mempertahankan fitur gratis dan membuka kesempatan donasi, pengembangan aplikasi Smadav tidak pernah berhenti. Nafarin dan beberapa sukarelawan yang ahli di bidang IT hingga kini terus mengembangkan antivirus buatan anak bangsa tersebut. Dirinya berharap bahwa Smadav bisa berkembang ke level yang lebih tinggi dan dapat menjadi antivirus kebanggaan Indonesia suatu saat nanti.

2.2.  PENGERTIAN ANTIVIRUS SMADAV
           Smadav adalah perangkat lunak antivirus yang ditujukan untuk mengatasi varian virus komputer lokal maupun internasional yang menyebar di Indonesia. Antivirus ini memiliki versi gratis dan berbayar setelah sebelumnya sempat berupa perangkat lunak derma.
Nama Smada diambil dari singkatan nama sekolah
pembuatnya, yaitu SMA Negeri 2 Palangka Raya, Kalimantan Tengah, sedangkan AV merupakan singkatan dari antivirus.

2.3. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ANTIVIRUS SMADAV
        a. kelebihan antivirus semadav
1.         Bisa digabung dengan antivirus lain Jika anda belum yakin dengan antivirus smadav atau untuk menutupi kekurangan antivirus ini anda bisa menggabungkan smadav dengan antivirus seperti Avira, AVG bahkan Kaspersky, karena smadav termasuk minimal antivirus yang tidak akan memberatkan PC anda
2.         Flashdisk security yang Top Meskipun terkadang Mr. Iso repot dengan pembuatan folder Smadlock dan autorun.inf tapi justru aplikasi Smadav ini melakukan tugasnya dengan baik, karena sebagian besar virus komputer lebih cepat menular melalui flashdisk disbanding internet sendiri.
3.         cocok buat pengguna Offline Smadav tidak terlalu sering melakukan update dan cara updatenya pun gampang, tidak sering update bukan berarti antivirus ini jelek, tetapi smadav dalam satu kali update memang memberi banyak penyempurnaan, bukan hanya dari database tapi dari sistem aplikasi smadav itu sendiri
4.         Smadav Pro yang murah Meskipun banyak key Smadav Pro bajakan di internet, sebaiknya anda melakukan donasi untuk membeli smadav pro, selain memberikan apresiasi pada pembuat juga anda tidak mencuri apa yang menjadi hak programmer smadav, untuk donasinya pun tergolong mudah dan mudah di banding membeli antivirus lain, dengan Smadav Pro anda bisa mendapatkan kualitas dan layanan sampai 10x lipat dari smadav free.
        b.  Kekurangan smadav
1.      Tidak mampu atau tidak maksimal menangani virus dari luar Cuma bisa specialis virus local


2.4. LANGKAH-LANGKAH PENGINSTALAN ANTIVIRUS SMADAV

1. Buka file antivirus smadav yang telah Anda download, kemudian klik dua kali file tersebut untuk membuka dan menjalankannya.
2..Akan muncul tampilah SELECT SETUP LANGUAGE.
Tampilan ini adalah pemilihan bahasa sesuai keinginan Anda. Ada dua bahasa yang bisa Anda gunakan, yaitu inggris dan bahasa Indonesia. Jadi, saran saya pilih saja bahasa Indonesia agar mudah Anda mengerti. Setelah itu langsung saja klik OK.

3.      Tahap ketiga sudah masuk pada INSTALASI SMADAV. Dan kali ini Anda berada pada tampilan selamat datang di Instalasi anda. Jangan buang-buang waktu, langsung saja klik tombol LANJUT.
4.      Anda berada pada tampilan PERJANJIAN PERSETUJUAN. Pada tahap ini, biarkan saja centang berada pada bagian SAYA SETUJU. Dan setelah itu, klik tombol LANJUT untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.
5.      Cara instal smadav yang kelima, Anda berada pada tampilan PILIH PERINTAH TAMBAHAN. Biarkan saja centang pada BUAT SEBUAH IKON DI DESKTOP, agar ikon atau shortcut smadav muncul di desktop. Setelah itu klik saja tombol LANJUT.
6.      Sekarang Anda berada pada tampilan SIAP UNTUK MEMASANG.Nah, la.ngsung saja deh klik tombol PASANG.
7.      Setelah tombol pasang tadi Anda klik, akan muncul tampilan loading seperti gambar di bawah ini. Tunggu saja ya..
8.      Saat ini, Anda berada pada tahap MENGAKHIRI PEMASANGAN SMADAV. Itu artinya, ini adalah langkah terakhir penginstalan smadav bagi Anda.
Pada tampilan ini, hilangkan centang pada pilihan JALANKAN SMADAV jika Anda hanya ingin menginstalnya dan menyelesaikannya saat ini juga. Yuk, langsung klik SELESAI untuk benar-benar menyelesaikan penginstalan ini.

Dengan klik tombol SELESAI, maka langkah instal smadav kali ini telah selesai juga.




BAB III
PENUTUP

3.1. Kesimpulan

           Zainuddin Nafarin – Pemuda Indonesia Penemu Antivirus Smadav Bagi para pengguna perangkat komputer tentunya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi anti-virus Smadav  Meski pun bukan menjadi pilihan utama, anti-virus dengan lambang berwarna hijau tersebut hampir selalu ada di setiap perangkat komputer atau pun laptop saat ini. Selain kegunaan nya yang cukup mumpuni untuk membasmi virus lokal yang menyerang perangkat komputer, salah satu alasan lain adalah karena AV yang satu ini merupakan aplikasi yang dibuat dan dikembangkan oleh anak bangsa. Pemuda tersebut adalah Zainuddin Nafarin Bagi anda yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai sosok pemuda yang telah mengembangkan aplikasi Smadav saat masih berseragam putih abu-abu ini.
Smadav adalah perangkat lunak antivirus yang ditujukan untuk mengatasi varian virus komputer lokal maupun internasional yang menyebar di Indonesia. Antivirus ini memiliki versi gratis dan berbayar setelah sebelumnya sempat berupa perangkat lunak derma.
Nama Smada diambil dari singkatan nama sekolah
pembuatnya, yaitu SMA Negeri 2 Palangka Raya, Kalimantan Tengah, sedangkan AV merupakan singkatan dari antivirus.
3.2. Saran
         Untuk memahami komputer, kita juga harus memahami program aplikasi yang terdapat dalam computer, terutama antivirus. Guna melindungi system computer dari serangan virus.




DAFTAR PUSTAKA








Tidak ada komentar:

Posting Komentar